Business plan sering dijadikan sebagai patokan utama ketika ingin menilai baik atau tidaknya suatu usaha bisnis. Terlebih pada usaha baru yang akan dirintis. Business planning yang baik tentu mencakup segala aspek baik itu perencanaan teknis dan keuangan beserta dengan perhitungan-perhitungannya seperti BOP (Break Even Point) dan lainnya. Business plan yang baik tentu mampu menarik minat para investor untuk mengembangkan usaha tersebut. Namun, kebanyakan para pengusaha sibuk membuat perencanaan diawal ketika membangun bisnis dan lalai mempersiapkan perencanaan berikutnya terlebih pada bagian keuangan. Sebagian besar para pengusaha akan berkutat pada kegiatan teknis seperti membuat market planning, jaringan usaha, rekrutmen dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkanlah seorang konsultan keuangan yang dapat memberikan masukan, arahan, pertimbangan serta masukan keuangan sesuai dengan kebutuhan para pengusaha tersebut.
            Seorang konsultan keuangan tentunya seorang ahli dibindangnya yang dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah seperti manajemen utang, memberikan nasihat perencanaan keuangan, investasi dan lainnya. Peran seorang konsultan keuangan akan semakin penting jika pengusaha tersebut tidak begitu mengerti tentang pengelolaan keuangan terutama bagi pengusaha yang baru membangun usahanya. Sehingga penting bagi para pengusaha untuk memilih konsultan keuangan yang cocok dengan kebutuhannya. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih konsultan keuangan, yaitu:
1. Kualifikasi dan Sertifikat
            Bukti seorang konsultan keuangan memiliki kualifikasi yang mumpuni dapat dilihat melalui sertifikat yang dimiliki. Sertifikat ini tentunya diperoleh dari suatu lembaga keuangan. Sertifikasi keuangan sendiri cukup banyak namun salah satu contohnya adalah sertifikat CPA (Certified Public Accountants), dimana konsultan keuangan yang memiliki sertifikat ini dapat memberikan jasanya terkait dengan akuntansi baik itu general audit, audit investigasi, audit KPPK dan lain-lain. Tentu saja kualifikasi dan sertifikat tidak cukup, akan lebih baik jika disertai dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi.
2. Kebutuhan
            Seseorang yang membutuhkan jasa konsultan keuangan harus mengetahui terlebih dahulu jasa keuangan seperti apa yang ia butuhkan. Beberapa konsultan keuangan sendiri memiliki spesifikasi khusus sehingga hanya klien atau permasalahan keuangan tertentu yang dapat dilayani.
3. Gali Informasi
            Mencari konsultan keuangan yang tepat tidaklah susah. Namun, penting bagi pihak yang membutuhkan jasa keuangan untuk mencari informasi tentang konsultan keuangan tersebut. Informasi yang dapat dicari adalah konsultan keuangan yang ada di daerah terdekat, layanan jasa keuangan apa saja yang diberikan, sertifikat yang dimiliki, track record, forum-forum tertentu yang merekomendasikan konsultan keuangan tersebut, biaya, dan lainnya. Jangan lupa untuk bertanya dengan orang yang pernah menggunakan jasa konsultan keuangan dan tanya pendapat mereka sedetail mungkin untuk memperkaya informasi sebelum memilih konsultan keuangan yang tepat.
4. Bertanya Langsung
            Selain mencari informasi secara mandiri, kita juga dapat mengunjungi langsung kantor konsultan keuangan tersebut untuk bertanya lebih lanjut. Hal ini tentu patut untuk dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut apakah konsultan keuangan tersebut sesuai dengan kebutuhan saat ini. Jika memiliki waktu lebih, silahkan berkunjung ke beberapa kantor konsultan keuangan sebelum mengambil keputusan akhir. Hal ini penting, karena beberapa layanan keuangan seperti audit memutuhkan waktu yang relatif panjang sehingga membutuhkan pertemuan berkala.

            Konsultan keuangan saat ini memiliki peran penting bagi masyarakat luas, terutama bagi para pengusaha atau individu yang membutuhkan saran dan masukan keuangan. Selain itu dengan menggunakan jasa konsultan keuangan berbagai masalah dalam usaha dapat dihindari seperti utang piutang dan urusan pajak. Jasa konsultan keuangan lainnya adalah membuat laporan keuangan yang baik sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh banyak pihak dan mempermudah pemilik usaha dalam membuat keputusan bisnis.
Tags: Headline
Langsung ke konten utama